Kapolres Tabanan Release Penemuan OA Russia Yang Tersesat Saat Mendaki Gunung Sanghyang



Tabanan - OA Rusia tersebut menginap sementara di Vila Padi Bali , Banjar Gunung Sari  Umakayu, Desa Jatiluwih, kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Kisah tersesatnya Mr Igor saat mendaki gunung Sanghyang tersebut Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., mengatakan pada hari Senin tanggal 9 Agustus 2021 pukul 22.00 Wita di Mapolres Tabanan berawal dari Mr. Igor dan

dua orang temannya   bernama Maximo Tannchen (42) WNA asal Argentina, dan Maria Loginova (34) WNA asal Rusia,  pada Minggu (8/8/2021) sekitar pukul 08.00 Wita   melakukan pendakian di Gunung Sanghyang, melalui Banjar Dinas Gunung Sari Umakayu - Penebel Kabupaten Tabanan.


Setelah mendaki sekitar 1,5 kilometer, Maximo dan Maria merasa kelelahan dan kemudian memutuskan untuk kembali. Sedangkan Mr. Igor melanjutkan pendakian. Sekitar pukul 17.00 Wita, Igor sempat mengirimkan pesan melalui WA  kepada Maximo, mengabarkan bahwa dirinya sudah sampai di puncak, namun tidak bisa menemukan jalan kembali. Hal ini kemudian disampaikan kepada pemilik Villa tempat mereka menginap dan diteruskan ke Polsek Penebel, selanjutnya Kapolsek Penebel Melaporkan kepada Kapolres Tabanan dan menghubungi Basarnas Bali. Kata Kapolres Tabanan.


Pencarian kemudian dilakukan oleh Personil Gabungan, dari Basarnas Bali, SAR Samapta Polres Tabanan, BPBD Kabupaten Tabanan, Tim SAR Samapta Polda Bali, Relawan dan Pecalang Desa Jatiluwih, ungkap Kapolres Tabanan .Lebih lanjut dijelaskan bahwa pencarianpun terus dilakukan sampai akhirnya yang bersangkutan ditemukan di Wilayah barat lereng gunung Batukaru oleh Tim Gabungan  Basarnas Bali, relawan, BPBD Kabupaten Tabanan, Polsek Pupuan, Polres Tabanan. Penemuan di hutan dekat  sumber  Pujungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Penemuan tersebut berkat kesigapan Tim gabungan dimana korban tersesat sempat mengirimkan share lokasi, yang sebelumnya berlokasi di Kawasan Hutan Desa Gesing Kabupaten Buleleng , bahkan Basarnas dan BPBD Kabupaten Buleleng pun sempat mencari di areal share lokasi pertama, namun tidak ditemukan.



Tapi pergerakan Tim II yang naik melalui hutan pegunungan Desa Pujungan Kecamatan Pupuan  ,  membuahkan hasil menemukan Mr. Igor dalam keadaan selamat di daerah Munduk Buluh, Banjar Margasari, Desa Pujungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan, Pada hari Senin tanggal  9 Agustus 2021 pukul 17.15 Wita. Selanjutnya Kapolsek  Pupuan bersama Tim Gabungan memeriksakan yang bersangkutan ke Puskesmas Pupuan, karena ada luka lecet karena sempat terpleset saat menyusuri sungai. Alhamdulillah Korban ditemukan dalam keadaan selamat, ungkap kapolres Tahanan


Kapolres Tabanan menambahkan untuk pendakian gunung dimana pun hendaknya memberitahukan kepada aparat setempat dan membawa peralatan pendakian yang memadai untuk pendakian serta menyertakan pemandu, untuk di Wilayah Kabupaten Tabanan Kapolres Tabanan menghimbau agar tidak melakukan aktivitas pendakian untuk sementara waktu karena kita masih fokus dalam penanganan pencegahan covid19. Ucap AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., ( Senin 9/8/2021 malam )



( Humas Polres Tabanan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.