Keluarga Besar Polresta Antarkan Jenazah Almarhum Ipda Otto A. Yarona ke TPU Tanah Hitam Secara Kedinasan

  


Polresta Jayapura Kota,- Keluarga Besar Polresta Jayapura Kota hadiri dan turut serta mengantarkan Jenazah Almarhum Ipda Otto A. Yarona mulai dari Persemayaman hingga ke Pemakaman yang bertempat di TPU Tanah Hitam Distrik Abepura, Rabu (9/3) siang.


Turut hadir Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd, Wakapolresta AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si beserta Para Pejabat Utama dan Kapolsek serta personil jajaran Polresta Jayapura Kota diikuti Ketua Bhayangkari Cabang Kota Jayapura Ny. Yuhanna Gustav Urbinas bersama Pengurus Bhayangkari Cabang Jayapura Kota.


Rangkaian giat diawali dengan ibadah persemayaman dirumah duka yang dipimpin Ibu Pendeta Ibana Wanggai, S.Th., M.A dan dilanjutkan dengan penyerahan secara jemazah Almarhum dari pihak keluarga ke pihak Kepolisian untuk dimakamkan secara kedinasan. Upacara pelepasan Jenazah dirumah duka dipimpin langsung Wakapolresta AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si selaku Inspektur Upacara dan Ipda Lajamuali sebagai Komandan Upacara.


Jenazah Almarhum kemudian diantar untuk dimakamkan di TPU Tanah Hitam yang diawali dengan Upacara Pemakaman secara kedinasan dengan dipimpin Wakapolresta Jayapura Kota.


Rangkaian upacara diawali dengan pembacaan riwayat hidup Almarhum Ipda Otto A. Yarona dilanjutkan dengan Pembacaan Apel Persada oleh Inspektur Upacara kemudian penurunan peti Jenazah kedalam liang lahat serta diiringi oleh ibadah yang dipimpin Ibu Pendeta Ibana Wanggai dan diakhiri dengan penaburan bunga dan penutupan liang lahat serta peletakan karangan bunga yang dipimpin Inspektur Upacara.


Dalam sambutannya, Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si selaku Inspektur Upacara mengatakan, upacara pemakaman secara kedinasan yang dilakukan merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terakhir kepada Almarhum.


"Peristiwa ini sungguh sangat mengejutkan dan menyedihkan perasaan kita semua, tetapi Tuhan yang maha kuasa telah menghendaki demikian, dan sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaan-Nya, sudah selayaknya kita semua, khususnya keluarga yang ditinggalkan dapat menerima dengan penuh keikhlasan, semuanya semata-mata untuk kebaikan kita semua khususnya keluarga yang ditinggalkan atau keluarga yang berduka," pungkasnya.


Lanjutnya, pada kesempatan ini dirinya atas nama pimpinan Polda Papua serta keluarga besar Polresta Jayapura kota, menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya dan memanjatkan doa, semoga Tuhan yang maha kuasa memberi ketabahan dan kesabaran hati serta bimbingan dan perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan. 


"Kita semua merasa kehilangan atas kepergian almarhum sebagai seorang Bhayangkara, yang selalu memegang teguh setiap prinsip perjuangan dengan loyalitas dan dedikasi tinggi, selalu rajin dan tekun menunaikan tugas yang dipercayakan kepadanya dimana Almarhum semasa hidupnya adalah seorang Bhayangkara yang selalu mendarmabaktikan dirinya kepada Kepolisian, bangsa dan negara dengan mengorbankan segala apa yang ada padanya yang patut menjadi suri tauladan bagi kita semua," tandasnya.


Giat upacara pemakaman dilanjutkan dengan pemberian penghormatan terakhir kepada Almarhum.


Almarhum Ipda Otto A. Yarona adalah Anggota kepolisian yang kesehariannya bertugas sebagai P.S Kanit Samapta Polsek Abepura dimana dirinya meninggal dunia pada hari Senin tanggal 7 Maret 2022 pukul 13.54 WIT di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Jayapura saat sedang melaksanakan tugas.(*)


Penulis : Subhan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama