Mesin Perahu Jukung Mati saat Upacara Mulang Pekelem, Petugas Pol Air Polres Gianyar Lakukan Pertolongan

  


GIANYAR - Petugas kepolisian dari Satuan Pol Air Polres Gianyar bersama Balawista Gianyar melaksanakan upaya pertolongan evakuasi terhadap perahu jukung yang ditumpangi oleh warga yang melaksanakan upacara mulang pekelem di Pantai Rangkan Ketewel, Sukawati, Gianyar, mengalami mati mesin mendadak Rabu (23/3/2022).


Kasat Polairud Polres Gianyar, Akp I Wayan Antariksawan, S.H. M.H. menjelaskan kronologis kejadian berawal pada saat warga dari Desa Adat Ketewel melaksanakan upacara mulang pekelem di Pantai Rangkan Ketewel serangkaian upacara karya agung panca walikrama di Pura Payogan Agung Ketewel.


"Kronologisnya proses matur pakelem dari pantai rangka Ketewel dengan mempergunakan 12 jukung tradisional  kita kawal dari pantai menuju tengah laut," ujarnya.


"Dalam perjalanan kedalam  ternyata salah satu mesin jukung mati, Crew Ruber boat Satpolairud bersama Balawista segera membantu dengan melemparkan tali untuk diikat di Jukung dan ditarik ketengah dengan Ruber boat," imbuhnya.


Kemudian, setelah selesai melaksanakan upacara matur pakelem tali penarik perahu jukung tersebut kemudian dipindahkan dari ruber boat ke perahu jukung yang lebih kuat. "Sementara crew ruber boat tetap mengawasi proses sampai kegiatan dirasa aman dan lancar," tandasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama