Begini Andil Babinsa di Lumajang, Cegah Meluasnya Wabah PMK

 


Lumajang, Pendim 0821 - Babinsa Wonorejo Pos Ramil 0821/05 Kedungjajang Sertu Agus Wiranto, mendampingi petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, memberikan vitamin dan suntik sapi milik warga di Dusun Duko Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Minggu (29/5/2022).


Penyuntikan dan pemberian vaksin tersebut, merupakan rangkaian upaya dari pemerintah dalam rangka mencegah meluasnya dampak atau penularan virus PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ).


Dikatakan oleh Sertu Agus Wiranto, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilakukan hari sebelumnya. Pasca pendataan, petugas rutin memeriksa kesehatan hewan ternak milik warga, juga diwaktu yang sama juga dilakukan sosialisasi terkait PMK agar masyarakat lebih jauh memahaminya.


"Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang sudah kami lakukan bersama stakeholder terkait, dalam halnya menangani wabah PMK agar dapat sedini mungkin dicegah perihal penyebarannya. Jadi pada sapi atau hewan ternak milik warga yang sebelumnya kami datangi, saat ini kami lakukan perawatan secara berkala. Sehingga hewan ternak milih warga tetap dalam kondisi yang sehat. Dan di waktu yang sama, juga kami sosialisasikan terkait wabah PMK, sehingga masyarakat bisa mengerti dan mengetahui bagaimana langkah-langkah yang seharusnya dilakukan apabila anda sapi yang memiliki ciri-ciri atau terindikasi terjangkit virus tersebut," ungkap Sertu Agus.


Agus juga mengimbau warga, agar terus berkoordinasi dengan petugas melalui call center yang sudah dibagikan bilamana ada suatu situasi dan keadaan terkait perkembangan kesehatan sapi yang perlu secepatnya ditangani.


"Prinsipnya warga tidak perlu panik jika ada indikasi tentu harus secepat mungkin dilaporkan sehingga petugas yang sudah siaga bisa secepatnya mendatangi lokasi dan melakukan tindakan-tindakan," imbuhnya.(Pendim 0821).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama