TNI Koramil Jajaran Kodim 0821 Lumajang Dampingi Upaya Pemulihan Sapi Terjangkit 'PMK'

  


Lumajang, Pendim 0821 - Personil TNI Koramil 0821/16 Rowokangkung Lumajang, mendampingi petugas Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang memberikan vitamin untuk hewan ternak sapi di Kandang Kumpul Dusun Sukorejo Persil Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung, Jum'at (27/5/2022).


Ada sebanyak 80 ekor sapi di kandang tersebut, yang mendapatkan penanganan, menyusul mewabahnya virus PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ), mencegah dampak - dampak berlebih.


Mewakili Danramil Rowokangkung, Serda Anto Budi Hartotok berkata dari jumlah keseluruhan sapi yang di rawat, sebagian berangsur membaik. Tegas dia, tidak ada satupun sapi yang dipotong paksa.


"Secara keseluruhan, ini merupakan kandang karantina bagi sapi yang terjangkit virus PMK. Total dari 80 ekor sapi yang kami data, dengan referensi dari petugas berkewenangan ada 70 ekor terjangkit virus. 9 ekor sembuh dan 1 ekor meninggal," ungkapnya.


Lebih lanjut Hartotok menambahkan jika sebelumnya, sesuai arahan dan instruksi dari pimpinan, sudah melakukan upaya pendataan, terkait sapi yang sebelumnya sempat kumpul dengan sapi terjangkit, untuk segera dilakukan pemeriksaan.


Juga, ia meminta masyarakat terbuka dan memahami, akan upaya yang dilakukan dimana tujuannya, untuk kebaikan masyarakat itu sendiri.


"Perlu peran serta masyarakat dalam hal ini menyamakan persepsi. Tentu dengan kesamaan tersebut, akan timbul semangat dan harapannya dalam upaya penanggulangan akan lebih mudah dan lebih efisien," pungkasnya. (Pendim 0821).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama