Cegah Terjangkit Wabah PMK, Bhabinkamtibmas Bersama Dinas Terkait Edukasi Peternak

  


Sebagai bentuk pencegahan agar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di wilayah Kabupaten Blitar khususnya kecamatan Wonodadi, kembali Bhabinkamtibmas Polsek Wonodadi mendatangi kandang peternak sapi yang ada diwilayah Kecamatan Wonodadi. Bhabinkamtibmas Polsek Wonodadi Polres Blitar Kota laksanakan edukasi dan himbauan guna cegah terjadinya penyakit mulut dan kuku pada sapi, Jum’at (03/06/2022). 


Seperti dilakukan sidak di sejumlah peternak sapi di Desa Tawangrejo Kecamatan Wonodadi Blitar, selaku bhabinkamtibmas bersama dinas terkait menyampaikan edukasi dan himbauan kepada para peternak sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan.

Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan. 


Kapolsek Wonodadi AKP Agus Hendro Tri S, SH menyampaikan, Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya dapat ditangani dengan cepat dengan adanya komunikasi dan edukasi dari dinas terkait. Bhabinkamtibmas beserta dinas terkait terjun langsung untuk mengedukasi masyarakat bagaimana mencegah hewan ternak tertular ataupun terinfeksi penyakit mulut dan kuku. 


Kapolsek Agus Tri menambahkan, karenanya  apabila ada hewan ternak yang terindikasi penyakit mulut dan kuku agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, bila ada yang terjangkit PMK dan itu sesegera mungkin. Penyakit mulut dan kuku dapat diantisipasi dengan cepat dibutuhkan kerja sama dan komunikasi antara peternak dengan dinas terkait khususnya bhabinkamtibmas dan perangkat desa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama