Kapolres Jembrana Gelar Giat Optimalisasi Sipandu Beradat




Jembrana - Bertempat di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana Kel. Dauhwaru, Kec./Kab. Jembrana, Jumat (26/8) pukul 09.00 Wita, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. menggelar kegiatan optimalisasi sinergitas Polri dengan Sipandu Beradat di wilayah hukum Polres Jembrana.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kabag Ops Polres Jembrana, Kasat Samapta, Kasat Binmas, Kapolsek Kota Jembrana, Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Kab. Jembrana, Pasikian Pecalang Kabupaten Jembrana, Majelis Alitan se-Kab. Jembrana, Majelis Pecalang se-Kec. Jembrana, Bendesa Adat se-Kab. Jembrana, Ketua Pecalang masing-masing Desa Adat.


Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Jagatnatha, kemudian pembukaan acara kegiatan optimalisasi sinergitas Polri dengan Sipandu Beradat di wilayah hukum Polres Jembrana dan disuguhkan dengan tari penyambutan Bakti Marga yang diiringi dengan musik rindik, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan sambutan dari Ketua Majelis Desa Adat selaku koordinator Sipandu Beradat tingkat Kabupaten.


Ketua MDA I Nengah Subagia menyampaikan bahwa Forum Sipandu Beradat ini dibentuk untuk meredam potensi gangguan kamtibmas yang ada di desa. Pemerintah Provinsi Bali memanfaatkan kearifan lokal yang ada melalui pembentukan Sipandu Beradat. Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 26 Tahun 2020, sesuai dengan perkembangan saat ini, Bali memerlukan sistem keamaan bersinergis, sinergitas kolaborasi, dalam hal ini Polres Jembrana dan Dandim 1617/Jembrana, Satpol PP, Linmas, dan Pecalang, oleh karena itu penting untuk melaksanakan dan mengimplementasikannya.


Lebih lanjut I Nengah Subagia menyampaikan, Sipandu Beradat seperti yang saya sampaikan merupakan bentuk pola sistem keamanan dari masyarakat itu sendiri, dimana tantangan kedepan tantangan akan semakin banyak, sehingga kita tidak boleh lengah dengan tantangan yang ada disekitar kita, dalam bentuk menggangu stabilitas, sehiangga kemaanan ini perlu dari desa adat terlebih dahulu.


"Ini merupakan pekerjaan ngayah, sehingga perlu dilaksanakan dengan tulus ikhlas, melaksanakan komunikasi dengan pemangku-pemangku kepentingan seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa," kata Ketua MDA.


"Keuangan desa adat dengan keuangan Sipandu Beradat mudah-mudahan bisa dipisah, agar dapat melaksanakan kegiatan dengan baik," tambahnya.


Ia juga mengatakan, Sipandu Beradat ini ada karena memang sangat diperlukan. Sistem ini berbasis desa adat, yang bentuk pengamanannya adalah kolaborasi, keamanan dan kenyamanan masyarakat tidak terpelas dari bagaimana terciptanya keamanan itu diciptakan oleh kita semua. Sesuai dengan visi misi pemerintah pembangunan daerah “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali Era Baru.


"Untuk mewujudkannya, maka diperlukan sistem pengamanan lingkungan masyarakat secara terpadu," jelas Ketua MDA I Nengah Subagia.


Kemudian dari Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. selaku pembina Sipandu Beradat Kab. Jembrana menyampaikan, "saya pribadi ingin mengedepankan apa yang ada di desa adat, Pecalang mungkin adalah kultur yang sudah ada, kemudian di strukturkan secara resmi, sesuai dengan Pergub yang ada."


"Nanti kita berdayakan pecalang untuk mendapatkan pelatihan garda pratama, agar nanti bisa ikut bekerja di perusahaan-perusahaan dengan tidak mengesampingkan tugasnya di adat," tambahnya.


Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, saat ini ekonomi sudah mulai hidup, hotel-hotel sudah mulai beroperasi lagi, tentu potensi gangguan pasti ada, dampak negatif pasti ada, ini yang perlu kita antisipasi dan mendapat perhatian bersama. Kemudian peredaran gelap narkoba itu yang menjadi perhatian seluruhnya.


"Saya juga sudah berkoordinasi dengan BNN Provinsi, saya juga sudah berkordinasi dengan Kepala BNN Bapak Petrus Reinhard Golose karena disini belum ada BNN Kabupaten, karena disini adalah pintu masuk Bali dan kita antisipasi adanya pemakai-pemakai kecil, yang saat ini sudah masuk ke desa-desa," kata Kapolres  *

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama