Siliwangi Desak Satlantas Gelar Razia Truk Muatan Hasil Tambang

 


Probolinggo, rakyatnusantara.net - Mesin pergerakan LSM Laskar Advokasi Siliwangi terus dipanaskan. Kali ini, lembaga swadaya masyarakat yang dikomandoi Syaiful Bahri tersebut mendesak agar Satlantas Polres Probolinggo bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk menggelar razia kendaraan atau dump truk yang mengangkut hasil pertambangan yang diduga tidak mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada.


"Kami meminta Satlantas menggandeng Dishub untuk memastikan adanya dugaan pelanggaran hukum terkait persyaratan teknis dan laik jalan, muatan, kelengkapan surat kendaraan, dan pelanggaran terhadap kendaraan yang Over Dimension - Over Loading (Odol). Hal itu menyikapi marakanya dump truk yang mengangkut hasil pertambangan golongan batuan dari wilayah Kabupaten Situbondo ke wilayah Kabupaten Probolinggo," ujarnya, Jumat (16/9/22).


Ia berharap, surat pengaduan yang dilayangkannya tersebut mendapatkan respon yang baik dari pihak terkait. Dengan begitu, penegakan hukum dalam berlalu-lintas dan angkutan jalan bisa terwujud. Sebab selama ini, penindakan terhadap pelanggaran tersebut dinilai masih kurang.


"Kami harapkan adanya proses hukum lebih lanjut kepada oknum yang melanggar aturan lalu lintas. Bukan sekedar ditilang lalu dilepas tanpa adanya kepastian hukum. Kami yakin, Satlantas dan Dishub tidak akan tebang pilih, termasuk kepada pelaku usaha," pungkasnya.


Sementara itu, Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Sapari, saat dihubungi media ini melalui sambungan WhatsApp (WA) mengaku akan melakukan pemantauan di lapangan. "Nanti akan kami cek," jawabnya. (Mul).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama