Polres Karangasem Hadiri Serah Terima Kirab Api Suci Porprov Bali Di Wantilan Sri Kesari Warmadewa


Karangasem - Pelepasan Kirab  Api Suci Porprov Bali Di Wantilan Sri Kesari Warmadewa Pura Agung Besakih Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Jumat 17/11/22


Hadir dalam acara tersebut  Sekda Provinsi Bali, Forkopimda Provinsi Bali, Kajasdam Kodam IX Udayana, Ketua Koni Bali, Ketua DPR Kabupaten Karangasem, Dandim Karangasem, Kapolres Karangasem diwakilkan kepada Kapolsek Rendang, Forkopimcam Rendang, Bendesa adat Besakih, Panitia Proprov Bali.


Giat diawali dengan persembahyangan dan pengambilan Api Suci di Pura Tegal Suci Pegenian Besakih yang di Puput Sri Begawan selanjutnya di bawa ke Wantilan Sri Kesari Warmadewa Pura Agung Besakih.

 

Selanjutnya prosesi pelepasan itu diawali dengan penyerahan Api Suci Porprov oleh Ketua Panitia Pelaksana Porprov Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan kepada Sekda Bali Dewa Made Indra, untuk diserahkan kepada Sekda Karangasem Ketut Sedana Merta.


Sekda Karangasem kemudian menyerahkan api tersebut kepada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bali untuk melanjutkan perjalanan kirab keliling Bali. 


Salam Olahraga! Jaya! Porprov Bali! Sukses Luar Biasa! Yel-yel yang dikomandai Sekda Bali yang disahuti para 'patriot' mengema sebagai penyemangat Porprov. 


"Saya mewakili Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster dengan resmi melepas Kirab Api Suci Porprov Bali XV/2022. Mudah-mudahan proses kirab api ini berjalan dengan lancar dan sukses," harapnya.


Terima kasih atas kerjasama semua stakeholder, pemerintah daerah, pengurus cabang olahraga, serta seluruh masyarakat yang bekerja keras untuk menyukseskan Porprov Bali XV.


"Ketidakhadiran beliau (Wayan Koster, red) pada pagi hari ini tidak mengurangi rasa hormat beliau terhadap acara ini. Karena nanti, saat membuka Porprov itu adalah Pak Gubernur secara langsung. Karena itu saya menyampaikan permohonan maaf beliau," pungkasnya. 


Sebelumnya, Oka Darmawan menyampaikan bahwa beberapa tahapan Porprov Bali sudah berjalan dengan baik. "Hari ini mengarak Api Suci Porprov keliling Bali. Api itu adalah energi," tegasnya. 


Menurutnya, rute kirab ini akan menempuh dua hari. Yakni dari tanggal 18 - 19 November 2022, melintasi sembilan kabupaten/kota.


Mulai dari Karangsem, Klungkung, Gianyar, Bangli, dan bermalam di Buleleng. Esok paginya pada Sabtu (19/11/2022) perjalanan berlanjut menuju Jembrana, Tabanan, Badung, dan Denpasar. 


"Api Porprov akan disemayamkan semalam di Jayasabha, dan besoknya pada Minggu (20/11) sore akan dilakukan pembukaan Porprov Bali XV tahun 2022 di Bajra Sandhi Renon Denpasar," pungkasnya.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama