Tak Dilibatkan dalam Giat Bakesbangpol, Para Pegiat LSM Meradang

 


Probolinggo, rakyatnusantara.net - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan bertajuk "Forum Silaturrahmi Ormas dan LSM", yang ditempatkan di Kantor Kecamatan Kotaanyar. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (22/11/22) pagi.


Menurut sumber yang dapat dipercaya, kegiatan Bakesbangpol di kantor Kecamatan Kotaanyar tersebut merupakan titik awal. Nantinya, kegiatan akan berlanjut di wilayah kecamatan lain di Kabupaten Probolinggo.


Namun begitu, berlangsungnya acara tersebut menuai kritik keras dari para pegiat LSM. Pasalnya, pihak LSM yang ada di Kabupaten Probolinggo mengaku tidak ada yang mendapatkan undangan untuk turut hadir dalam kegiatan.


"Di Banner yang terpampang sangat jelas bahwa tema kegiatan adalah Forum Silaturahmi Ormas dan LSM. Tetapi kami para pegiat LSM tidak ada yang diundang dalam acara tersebut. Informasi yang kami dapat, yang dilibatkan hanyalah Ormas tertentu, LSM tidak ada," ujar Adianto Ketua LSM PCPM Nusantara, Selasa (22/11/22).


Tak hanya itu, hasil pantauan media ini di salah satu group WhatsApp Ketua LSM dan Ormas Kabupaten Probolinggo, komplain terhadap kegiatan yang dilaksanakan Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo terus mengalir. Bahkan mereka meminta Kepala Bakesbangpol, Ugas Irwanto, yang juga menjadi anggota group WhatsApp tersebut untuk memberikan klarifikasi.


"Berarti sudah tidak diakui nih. Ditunggu saja kabarnya (klarifikasi dari Bakesbangpol)," tulis Fatholla Ketua LSM ProCW, seraya disambut komentar Ketua LSM lainnya.


Masih dalam konteks yang sama, Ketua Umum LSM Laskar Advokasi Siliwangi, Syaiful Bahri, turut memberikan komentar atas kekecewaan yang disampaikan oleh para pegiat LSM di Kabupaten Probolinggo. Menurutnya, kejadian tersebut seharusnya dijadikan momentum bagi Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo untuk melakukan evaluasi.


"Masalahnya, kegiatan itu menyebut LSM. Sedangkan rekan-rekan LSM merasa tidak diundang. Hemat saya, biar permasalahan ini tidak berkepanjangan, harus ada klarifikasi dari pihak Bakesbangpol. Lebih-lebih kegiatan tersebut berlangsung menggunakan anggaran negara," tegasnya, saat ditemui media ini di wisma lembaga tersebut.


Sementara itu, sampai berita ini dinaikkan belum ada konfirmasi dari Ugas Irwanto selalu Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo. Dihubungi melalui pesan WhatsApp, pria yang masuk tiga besar kandidat Sekda Kabupaten Probolinggo tersebut, belum memberikan jawaban. (mul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama