Dandim 0903/Bulungan Dampingi Bupati Bulungan Salurkan 10 Ribu Entres Kakao

  


Tanjung Selor, Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP Dampingi Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyerahkan secara simbolis bantuan entres kakao sebanyak 10 ribu batang dari Dinas Pertanian Bulungan dan 15 ribu benih kakao siap tanam dari Dana Desa Pejalin, Kec Tanjung Palas, Kamis (8/12/2022). 


Kegiatan bertujuan mengembangkan tanaman maupun kebun kakao sekaligus upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Bulungan.


Dari 10 ribu batas atas (entres) kakao diserahkan kepada Desa Long Beluah sebanyak 1.300 batang, Desa Long Sam 2.500 batang, Desa Pejalin 2.500 batang, Desa Antutan 2.700 batang dan Desa Sekatak Pungit 1.000 batang. Kemudian 15 ribu polybag benih kakao siap tanam dari Dana Desa Pejalin diserahkan kepada kelompok tani Desa Pejalin.


Bupati menjelaskan, entres atau batang atas kakao digunakan untuk teknik sambung samping tanaman kakao, di mana entres diperoleh dari tanaman induk unggul ke batang bawah tanaman kakao yang memiliki produktivitas rendah. 


Keuntungan pelaksanaan sambung samping pada tanaman kakao di antaranya yaitu Lebih mudah pelaksanaannya, areal pertanaman kakao dapat direhabilitasi dalam waktu singkat, tanaman kakao dapat lebih cepat berproduksi, buah dari tanaman kakao batang bawah masih dapat dipertahankan, sementara batang atas belum menghasilkan, serta batang bawah berfungsi sebagai penaung sementara bagi batang atas yang sedang tumbuh. 


“Penyerahan entres kakao dan benih kakao siap tanam pada hari ini, diharapkan dapat membantu petani atau perkebun khususnya di wilayah desa dalam mengembangkan tanaman kakao, mengingat tanaman kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dapat meningkatkan pendapatan bagi petani,” ucap Bupati dalam penyerahan bertempat di Jl PU Desa Pejalin – Long Pari. 


Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu penghasil biji kakao terbesar di dunia, setelah Pantai Gading dan Ghana. Sehingga selain dapat meningkatkan pendapatan petani, pengembangan tanaman kakao juga dapat meningkatkan perolehan devisa negara.


 “Selain itu, produk turunan kakao seperti berbagai macam produk olahan coklat, memiliki potensi untuk terus dikembangkan sehingga bernilai tambah tinggi, termasuk dalam penciptaan dan penyerapan tenaga kerja,” ujarnya. 

 

Bupati berpesan agar para petani dapat menggunakan bantuan seoptimal dan sebaik mungkin, sehingga dapat memberikan manfaat besar.


“Saya berdoa, semoga benih kakao ini dapat berkembang dengan baik di Kabupaten Bulungan, serta dapat menghasilkan panen yang baik pula,” pungkas Bupati dalam kegiatan yang turut diikuti jajaran Dinas Pertanian Provinsi Kaltara.


Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan dalam rangka pengembangan tanaman maupun kebun kakao di Kabupaten Bulungan, sekaligus upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah maupun perekonomian masyarakat di Kabupaten Bulungan.


Penyerahan entres kakao dan benih kakao siap tanam diharapkan dapat membantu petani atau perkebun khususnya di wilayah Desa Pejalin, dalam mengembangkan tanaman kakao, mengingat tanaman kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dapat meningkatkan pendapatan bagi petani. 


Dalam hal ini Kodim 0903/Bulungan melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang merupakan tugas sebagai aparatur kewilayahan, Babinsa akan selalu mengawal dan mendampingi para petani untuk mensukseskan pertanian, dengan hadirnya Babinsa di tengah-tengah mereka Babinsa akan terus bersinergi bersama para petani untuk mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama