Bhabinkamtibmas Desa Sidan Lakukan Pengawalan Upacara Melasti Warga Binaan

  


Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Gianyar, Bhabinkamtibmas Desa Sidan Aipda Ngakan Gede Sukrayana, S.H. bersinergi dengan Pecalang melaksanakan pengawalan Upacara Melasti Warga masyarakat menuju Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Selasa (24/1/2023) pagi.


Kegiatan Upacara Melasti ini dilaksanakan sehubungan dengan telah dilaksanakan Upacara Ngeratep, Mlaspas Pasupati Sesuhunan Pura Bukit Telaga dan akan dilaksanakan Upacara Piodalan pada hari Rabu tanggal 25 Januari 2023. 


Upacara Melasti ini dilaksanakan dengan iring-iringan Sesuhunan Pura Pucak Sari, Sesuhunan Pura Ngerurah, Sesuhunan Pura Bukit Telaga, dan Sesuhunan Pura Dalem Sidan dari Pura Bukit Telaga, Br. Jageperang  menuju ke Pantai Siyut dengan menggunakan kendaraan bermotor roda enam jenis truk 8 unit, roda empat 30 unit dan sepeda motor sekitar 150 unit dengan diiring oleh warga sekitar 1.000 orang.


Bhabinkamtibmas Desa Sidan bersama Pecalang Desa Adat Sidan melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas pada persimpangan yang dianggap rawan.


Pada kesempatan ini selaku Bhabinkamtibmas Desa Sidan menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga yang ikut dalam iringan kegiatan Upacara Melasti agar menggunakan badan jalan dengan tertib, tidak ugal-ugalan dan tidak saling menyalip guna menghindari terjadinya kecelakaan berlalu lintas. 


Upacara Dewa Yadnya (Melasti) yang dilaksanakan di Pantai Siyut, Desa Tulikup dipuput oleh Ida Ratu Peranda Griya Manggis Keramas.


Sementara itu Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H. saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas harus selalu hadir ditengah masyarakat binaannya dalam menciptakan kamtibmas kondusif.


"Demi menjaga kamtibmas kondusif, Bhabinkamtibmas harus selalu berada ditengah masyarakat baik menjalin silaturahmi dan kemitraan maupun melaksanakan atensi setiap kegiatan masyarakat" ujarnya.


Selain itu menurut Kapolsek kehadiran Polri ditengah masyarakat merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama