Ning Nurul Ahmad Yani : Program Holistik Integratif Mari Bersama-sama Didukung

 



GRESIK - Masa usia dini merupakan usia yang sangat strategis dan penting dalam penyiapan kualitas Sumber Daya Manusia masa depan. Pada usia inilah, peran orang tua, guru, lingkungan, dan pemerintah di dalam mendidik, mendukung, dan mengawal tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan. 


Sejalan dengan hal tersebut, dalam upayanya untuk melakukan pembinaan terhadap PAUD, Pemerintah telah menetapkan lima kebijakan yaitu ketersediaan lembaga PAUD yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, keterjangkauan layanan PAUD sesuai dengan kemampuan masyarakat, kualitas layanan PAUD dalam mendidik dan mengasuh anak usia 0-6 tahun, kesetaraan layanan PAUD untuk setiap kelompok masyarakat, dan kepastian setiap anggota masyarakat dalam memperoleh layanan PAUD. 


Menyadari hal inilah, serta dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang pengembangan PAUD dan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi Kader PAUD di Kabupaten Gresik, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik melalui Program Kerja dan temu kader. 


Dengan tema Pembinaan dan Pengembangan PAUD Holistik Integratif, menyelenggarakan acara temu kader PAUD se-Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang di hadiri ratusan kader PAUD. 


Temu kader satuan PAUD di Kecamatan Menganti, pada Kamis (2/2/2023) bertempat di Aula Kecamatan Menganti. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani. 


Dalam kesempatan tersebut, Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani (Ning Nurul) saat memberikan pengarahan Kepada seluruh Kader-kader PAUD Se-Kecamatan Menganti tentang Pembinaan dan Pengembangan PAUD Holistik Integratif menuturkan terima kasih untuk Forkompincam Menganti, Bunda-bunda PAUD, Kepala Desa se-kecamatan Menganti, dari sekian acara PAUD di Kecamatan Menganti paling banyak yang hadir. 


“Mari belajar bersama, untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh satuan PAUD, tanpa Desa dan Kecamatan tidak ada apa-apa,” kata Ning Nurul panggilan akrab istri Bupati Gresik. 


“Tujuan utama dari PAUD Holistik Integratif adalah menjadikan Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten Layak Anak, oleh karena itu pembinaan anak-anak sangat di utamakan, mari bersama-sama mendukung program tersebut,” bebernya. 


Turut pula yang menghadiri/mendampingi dalam hal ini adalah Camat Menganti Gunawan Purna Atma, Kepala Desa se-kecamatan Menganti, Ketua Pokja PAUD Gresik, Pengurus PAUD dan satuan PAUD di Kecamatan Menganti. 


Sementara Camat Menganti Gunawan dalam sambutan mengatakan Kader-kader PAUD Kedepan di harapkan kegiatan Paud ini dapat meningkatkan Prestasi anak didik dan menumbuh kembangkan bakat sejak usia Dini agar generasi muda lebih maju lagi. 


“Acara ini dapat berjalan dengan baik berkat partisipasi semua pihak dalam dukungannya khususnya pemerintah dalam hal ini,” tutur Gunawan yang memotivasi peserta anak didik PAUD. 


Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta kader Pos PAUD dalam pelaksanaan PAUD, meningkatkan kepedulian Kader Pos PAUD dalam penanganan PAUD, meningkatkan kualitas pengelolaan PAUD, dan meningkatkan semangat untuk melakukan penyuluhan kepada keluarga akan arti pentingnya PAUD. 


“Semoga nantinya, harapan kami bisa mencetak kader-kader pemimpin bangsa di masa depan,” jelas Camat Menganti. 


Sekedar diketahui, Pembelajaran holistik integratif merupakan model pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, melalui kegiatan bermain yang sekaligus merupakan proses belajar bagi anak didik.  


Proses pembelajarannya menekankan pada aktifitas pembelajaran berpusat pada anak. 


(Hari R.)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama