Hebat...Polres Jember Manfaatkan Botol Bekas Untuk Media Tanam Hidroponik



rakyatnusantara.net, Jember - Lahan non produktif benar-benar di manfaatkan oleh Polres Jember, salah satunya lahan seluas tidak lebih 300m² di sulap menjadi taman tanaman holtikultura dengan media tanam hidroponik dan memanfaatkan botol-botol bekas. Menariknya, taman tersebut menggunakan teknologi terbarukan yaitu system perawatan barbasis android sehingga bisa di akses dari manasaja.

Didik Suharijadi, S.S., M.A., Ketua Jember SAE sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember sengaja merancang skema pembangunan taman tersebut dengan menggandeng stakeholder yang ada, dirinya mengatakan pembangunan sarana tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga di lingkungan Polres Jember.

"Lahan ini dapat dimanfaatkan oleh Bhayangkari, misalkan mereka bisa menanam cabe, terong dan tanaman-tanaman sayuran lainnya, jika ada kesibukan mereka tidak harus kelokasi saat melakukan perawatan, cukup dengan smartphone mereka dapat memerintahkan untuk melakukan aktifitas penyiraman, pemupukan dan menghidupkan lampu," paparnya.

Dengan hadirnya taman ini, dirinya berharap akan menjadi wahana edukasi bagi masyarakat sekitar bagaimana penerapan teknologi dan pemanfaatan lahan non produktif tersebut.

"Iya, besok pada tanggal 22 dan 25 Mei 2021 telah teragendakan kunjungan belajar dari SDN Jember Lor 1 dan SDN Karangrejo 2, anak-anak utamanya, mereka butuh edukasi dalam mengenali lingkungan dan teknologi yang ada agar mereka terangsang untuk berinovasi sejak dini," ujarnya.

Kapolres Jember, AKBP. Arif Rachman Arifin, SIK., MH. mengatakan dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh rekan-rekan JemberSAE dalam berinovasi menggunakan teknologi terbarukan saat ini.

"Kami akan terus mendorong agar masyarakat mampu berinovasi memanfaatkan lahan-lahan yang sekiranya tidak produktif, taman ini dibuka untuk umum, agar masyarakat bisa melihat secara langsung inovasi yang dikembangkan saat ini," katanya.

Dan dirinya telah menggandeng tenaga ahli di bidang pertanian yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Jember agar dapat memanfaatkan lahan tidak produktif yang dimiliki oleh Polres Jember yang tersebar di Polsek-polsek menjadi lahan praktikum Mahasiswanya atau dijadikan lahan penelitian.

"Kami telah berkomunikasi dengan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember dalam hal pemanfaatan lahan tersebut, kami minta mereka pergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat, dan saya berharap ini menjadi bagian dari Tridharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabian kepada masyarakat." pungkasnya. (sumber : humas polres jember)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.