Puncak Peringatan HPN 2022, Wartawan Probolinggo Raya Gelar Festival Layangan Naga

 

Foto : Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin ikut serta menarik layangan naga, Sabtu (12/2/22).

Probolinggo, Rakyat Nusantara.net - Dalam rangka memperingati Hari pers Nasional (HPN) yang ke-76 tahun 2022 seluruh wartawan di Probolinggo Raya bergabung manjadi satu, menggelar festival layangan naga di Pantai Permata Pilang Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (12/02/2022). 


Kegiatan diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari Kabupaten dan Kota Probolinggo ini menuai respon positif dari Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Bahkan orang nomor satu di kota probolinggo ini turut berpartisipasi ikut serta dalam penarikan layangan naga milik salah satu peserta. 


"Sangat seru, ternyata tidak semudah yang di bayangkan, untuk menerbangkan layangan super besar ini, saya sampai ngos-ngosan ini," terang Habib Hadi, sapaan akrabnya. 


Festival layangan naga ini berhadiah uang pembinaan senilai Rp 3.000.000 + tropi untuk juara pertama, Rp 2.000.000 + tropi sebagai juara ke dua, dan Rp 1.500.000 + tropi untuk juara ke tiga, serta juara ke empat juga mendapat hadiah Rp 1.000.000 + tropi. 


"Semoga dengan adanya acara ini dapat memajukan destinasi wisata yang ada di Kota Probolinggo ini, yang salah satunya Pantai Permata ini. Semoga ke depannya sinergi antara pemerintah dengan awak media semakin baik, dan mampu meminimalis berita hoax," tambahnya. 


Ketua panitia lomba festival layangan, Rebudi, menjelaskan pagelaran festival ini untuk memeriahkan HPN ke 76 dan menunjukkan kinerja jurnalis pada masyarakat. 


"Para peserta sangat antusias, bahkan untuk persiapan sebelum mengikuti festival ini, mereka membuatnya 2 minggu sebelum hari H acara ini. Dan dana yang dibutuhkan pun juga beragam bahkan sampai 5 juta untuk membuat layangan naga super besar ini, dan itu dari dana pribadi mereka sendiri," terang Rebudi. 


Band lokal Wiro Jalu juga turut berpartisipasi memeriahkan acara HPN ini, dengan lagu andalan ciptaannya sendiri yang bejudul Kumlaku Kota Probolinggo. Serta penampilan atraksi reog Ponorogo dari sanggar tari Mardy Budoyo juga turut memeriahkan acara ini. 


Dari adanya festival layangan di Pantai Permata ini, Pemkot Probolinggo berharap agar wisata ke depan semakin baik. Mengingat Pandemi Covid 19 belum kunjung usai, acara berlangsung dengan protokol kesehatan ketat. (Nia)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama