Kumham Goes to Campus Unud Serap Aspirasi Mahasiswa

 


DENPASAR - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia hadir di Universitas Udayana (Unud) melalui “KUMHAM GOES TO CAMPUS” yang diselenggarakan di Ruang Nusantara, Gedung Agrokomplek Kampus Unud, Jumat (11/11/2022).


Universitas Udayana merupakan tujuan terakhir, setelah rangkaian kegiatan Kumham Goes to Campus yang sebelumnya telah mengunjungi 4 Universitas besar Indonesia, diantaranya Medan, Makasar, Kupang, dan Palangka Raya.


Kegiatan ini merupakan kerjasama internal antara Kementerian Hukum dan HAM RI pusat dan Kanwil Kemenkumham Bali yang dimaksudkan untuk menyosialisasikan sekaligus menjaring masukan dan saran dari para mahasiswa tentang Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).


Dihadiri civitas akademika dari berbagai universitas yang ada di Provinsi Bali, kegiatan menghadirkan Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Eddy Hiariej sebagai narasumber.


Prof. Eddy menerangkan tiga urgensi mengapa Indonesia harus mempunyai KUHP yang baru. 

 

"KUHP sekarang yang digunakan merupakan KUHP yang dibuat tahun 1800, dimana orientasi hukum pidananya beraliran klasik, yaitu menekankan kepentingan individu, tidak bicara kepentingan masyarakat, apalagi negara", ungkap Prof. Eddy.


Selanjutnya, Prof. Eddy mengatakan bahwa saat ini KUHP yang digunakan sudah berumur 220 tahun dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman.


“Kita harus melakukan pembaharuan KUHP dengan situasi dan kondisi yang relevan khususnya perkembangan era digital saat ini,” ujar Prof. Eddy.


Yang terakhir, yakni berkaitan persoalan kepastian hukum. "Adanya berbagai versi terjemahan KUHP yang beredar di masyarakat, akan menimbulkan berbagai macam tafsiran", jelas Prof. Eddy.


Kegiatan juga mengundang 5 narasumber lain diantaranya Guru Besar Hukum Pidana UGM, Prof. Marcus Priyo Gunarto, Ahli Hukum Tata Negara, Dr. Zainal Abidin Mochtar, anggota tim Pembahasan dan Sosialisasi RKUHP, Dr. Albert Aries, Anggota DPR RI, Arteria Dahlan, dan Staf Ahli Menkumham bidang Politik dan Keamanan, Ambeg Paramarta.


Di akhir kegiatan, para narasumber mengajak mahasiswa yang hadir untuk menyampaikan pendapat, saran serta masukannya terkait RKUHP.


Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu berharap melalui adanya kegiatan Kumham Goes to Campus ini dapat menjadi ruang bagi mahasiswa untuk menyampaikan pendapatnya dan menjadi bukti keseriusan Pemerintah khususnya Kemenkumham dalam mendengar aspirasi masyarakat.


( Iskandar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama