Personil Gabungan Polsek Dan Polres Bangli Serta Instansi Terkait Evakuasi Pohon Beringin Yang Tumbang



Bali - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Wilayah Bangli membuat Sebuah Pohon beringin tumbang dan melintang dijalan yang mengakibatkan kemacetan arus lalulintas yang terjadi pada hari Kamis petang, 26 januari 2023 sekira pukul 18.45 Wita, tepatnya di Jln. Erlangga Bangli tepatnya di sebelah utara Pura Dalem Selaungan, Kel. Cempaga, Kec./Kab. Bangli.


Terkait dengan hal tersebut personil gabungan Polres Bangli dan Polsek Bangli dipimpin Kabag Ops Polres Bangli Kompol I Ketut Maret, S.H. didampingi Wakapolsek Bangli Akp I Dewa Made Anom Astawa, S.H, Kasat Samapta Akp I Kadek Suadnyana, S.H, Pawas Polsek Bangli Akp I Wayan Tilem Ardana bersinergi dengan TNI, BPBD Kab. Bangli PUPR Provinsi Bali dan PLN Bangli serta dibantu warga masyarakat Kel. Cempaga melaksanakan pemotongan Pohon beringin yang tumbang dengan menggunakan sensor, kapak dan peralatan lainnya dan juga digunakan alat berat untuk mengangkat potongan2 Kayu yang besar- besar, Jumat pagi (27/01/2023).


Sementara kegiatan pemotongan dan pembersihan pohon beringin yang tumbang di jalan jurusan Bangli - Tembuku, sudah selesai dilaksanakan namun jalan belum bisa dilalui kendaraan baik R2, R4 dan R6, mengingat diatas masih ada batang pohon beringin yang cukup besar masih ada yang tersangkut diatas dan apabila ini dibiarkan bila ada hujan dan angin kencang dikawatirkan akan jatuh, untuk mencegah hal2 yang tidak kita inginkan terjadi maka untuk sementara jalan masih ditutup dan dialihkan menuju jalan alternatif ( jalan Pura dalem pingit dan jalan tamansari).


Pada kesemptan tersebut Pawas bersama anggota juga memberikan himbauan kepada warga untuk tetap waspada terkait dengan cuaca ekstrim (Hujan deras yang disertai angin kencang) yang terjadi akhir-akhir ini serta mengurangi intensitasnya bepergian keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak.


Dalam proses pemotongan dan pembersihan pohon beringin yang tumbang ditinjau oleh Wakapolres Bangli Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H. dan Kalaksa BPBD Kab. Bangli Drs. I Wayan Wedana.


Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika, S.H.,S.I.K., melalui Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H, saat dikomfirmasi "mengatakan bahwa anggota gabungan Polsek dan Polres Bangli bersinergi dengan TNI dan Instasi terkait bertindak cepat bersama-sama dengan warga setempat memotong dan membersihkan pohon beringin yang tumbang tersebut, sementara batang pohon sudah dapat dibersihkan dari japan, namun mengingat diatas masih ada batang pohon beringin yang cukup besar masih ada yang tersangkut dan apabila ini dibiarkan bila ada hujan dan angin kencang dikawatirkan akan jatuh, untuk mencegah hal2 yang tidak kita inginkan terjadi maka untuk sementara dilaksanakan pengalihan arus lalulintas karena kendaraan belum bisa lewat” jelas Kapolsek.


"Penyebabnya pohon beringin yang tumbang diduga akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dari sore kemarin. " Imbuh Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H.


“Diharapkan warga untuk selalu berhati-hati utamanya saat seperti saat ini, hujan disertai angin bisa datang tiba tiba, sehingga perlu mewaspadai terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang,” pungkas Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H.


Salam Presisi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama